Apa Itu Google Panda ?

villaralcaldeblog | Google panda merupakan fenomena dalam dunia blogging akhir-akhir ini. Bagaimana tidak , kemunculan google panda sebagai algoritma pencarian baru oleh google ini sempat membuat banyak rumor akhir aksinya yang mendepak begitu banyak website dan blog dari posisi strategis halaman hasil pencarian merosot ke posisi yang sangat buruk.


Kita tentu tahu jikalau agresi google panda ini sangat mengejutkan. Perubahan algoritma ini pasti didasarkan pada latar belakang yang serius dalam dunia internet. Apakah ada yang tahu apa yang menjadikan google memunculkan google panda? Atau kita justru belum tahu apa google panda itu?

Google Panda refers to the changes introduced in 2011 to the search algorithm used by Google to improve Internet search results. The change aims to lower the rank of "low-quality sites" in search results and return high-quality sites to Google's users. CNET reported a surge in the rankings of news websites and social Networking sites , and a drop in rankings for sites containing large amounts of advertising. This change reportedly affected the rankings of almost 12 percent of all search results. Soon after the Panda rollout , many websites , including Google's webmaster forum , became filled with complaints of scrapers/copyright infringers getting better rankings than sites with original content. At one point , Google publicly asked for data points to help detect scrapers better. Google's Panda has received several updates since the original rollout in February 2011 , and the effect went global in April 2011. To help affected publishers , Google published an advisory on its blog , thus giving some direction for self-evaluation of a website's quality. (wikipedia)

Google panda merupakan algoritma baru yang digunakan oleh google sebagai mesin pencari untuk menemukan dan menampilkan halaman blog dan situs berdasarkan keyword yang diinginkan. Google panda dikeluarkan oleh google pada tanggal 28 Februari 2011.

Latar belakang munculnya google panda alasannya ialah selama ini hasil pencarian halaman oleh google untuk sebuah keyword yang dimasukan dianggap tidak valid. Banyak situs besar yang mengajukan komplain kepada google alasannya ialah hasil pencarian untuk keyword yang mengarah pada halaman di situs mereka justru kalah bersaing dengan situs kecil yang bahkan halamannya itu memuat konten hasil jiplakan dari situs yang terkenal tersebut.

Karena itu , google kemudian mengeluarkan google panda sebagai algoritma baru mereka dalam melaksanakan pengindeksan terhadap halaman di blog kita. Cara kerja pengindeksan halaman ini dilakukan dengan cara mendownload seluruh halaman blog kita , kemudian memasukan dan menampungnya dalam sebuah wadah. Nah , saat ada seseorang yang ingin mencari isu maka google akan menawarkan halaman yang menyajikan isu dengan menampilkan halaman blog yang lebih relevan berdasarkan keyword yang dimasukan.

Apakah kita pernah mengunjungi sebuah blog yang berisi konten bajakan dari search engine?
Google panda juga memiliki fungsi untuk menyingkirkan blog yang kebanyakan isinya hanyalah konten copas yang tidak bermutu.

Ada juga yang mengatakan jikalau pada algoritma google panda ini lebih memprioritaskan pada konten sebuah blog yang lebih baru muncul daripada konten blog yang sudah lama. Sehingga , hal tersebut harus kita sikapi dengan banyak melaksanakan update blog dengan konten yang segar. Konten ialah raja. Konten juga mampu diibaratkan sebagai darahnya blog. Jika update konten lancar , maka mampu diibaratkan sirkulasi darah juga lancar sehingga menyehatkan. Begitu juga jikalau terjadi sebaliknya.

Banyak kontroversi yang timbul setelah kemunculan google panda. Salah satunya ialah perubahan besar-besaran untuk seni administrasi seo yang harus diterapkan dalam menangani google panda. Akan tetapi , apapun itu google panda maka kita harus mengikuti aturan mainnya dengan baik supaya kita selalu survive dalam dunia internet yang selalu banyak perubahan.

Apa Itu Google Panda ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvarez

0 komentar:

Posting Komentar