Cara Menyelenggarakan Giveaway Di Blog

villaralcaldeblog | Buat Giveaway Di Blog – Giveaway Di Blog yaitu salah satu program yang sangat bermanfaat bagi pemilik sebuah blog beserta pembacanya. Giveaway dapat dijadikan sebagai sarana untuk promosi blog sekaligus media yang efektif untuk mempererat jalinan silaturahmi dengan sesama blogger.


Apakah ada di antara kita yang pernah mengikuti program giveaway ini di blog milik sahabat kita? Apa yang kita rasakan sewaktu mengikuti program tersebut? Tentunya perasaan senang bercampur cita-cita untuk mampu memenangkan giveaway tersebut bukan? Sebenarnya dalam program giveaway tersebut juga bukan semata-mata hadiah giveaway yang kita cari , melainkan kepuasan tersendiri jikalau kita mampu ikut berpartisipasi hingga memenangkan sebuah program yang diikuti banyak peserta.

Membuat giveaway dalam blogging itu relatif mudah. Ada 4 hal utama yang kita butuhkan dalam penyelenggaraannya yaitu blog , hadiah , waktu , dan perencanaan.

Adapun cara untuk membuat sebuah giveaway dalam blog kita yaitu sebagai berikut:

HADIAH

1. Pilih hadiah dalam giveaway.

Memilih hadiah dalam giveaway yaitu sesuatu yang penting. Hal ini disebabkan hadiah memiliki tugas dalam menarik minat para pembaca blog kita untuk ikut serta dalam giveaway ini. Hadiah yang dibutuhkan juga tidak harus cantik dan bernilai mahal.

Usahakan hadiah yang diberikan itu relevan dengan topik blog kita. Misalnya , jikalau blog kita bertopik masakan maka menyampaikan hadiah seperangkat alat masak yaitu pilihan yang baik. Jika blog kita bertopik pendidikan atau tutorial maka hadiah sebuah buku juga merupakan pilihan yang tepat.

2. Tentukan sumber dana untuk memeperoleh hadiah.

Jika blog kita sudah memiliki sponsor , kita dapat meminta bantuan kepada sponsor blog kita tersebut untuk menyediakan hadiah untuk keperluan pelaksanaan giveaway ini. Kita dapat menyampaikan beberapa keuntungan kepada sponsor kita jikalau mereka berminat untuk menyampaikan hadiah kepada pemenang giveaway dalam blog kita nantinya. Beberapa keuntungan yang dapat kita tawarkan untuk menarik minat sponsor mirip menuliskan review atas produk mereka di blog kita , menyampaikan ruang pemasangan iklan di blog kita untuk jangka waktu tertentu , menjabarkan isu mengenai pembaca dan target penerima giveaway dalam blog secara terang dan rinci , dsb.

Jika blog kita masih belum memiliki sponsor , kita dapat mengadakan pemberian giveaway dengan sumber pendanaan kita pribadi. Hadiah yang diberikan tidak harus memiliki nominal harga yang tinggi , tetapi harus tetap layak untuk disebut sebagai hadiah. Hadiah juga harus memperhatikan relevansinya dengan topik blog serta topik giveaway yang dibuat.

PELAKSANAAN

3. Buat aturan main yang jelas.

Sebelum mulai melakukan giveaway , kita harus merencanakan terlebih dahulu aturan main yang terang dalam giveaway. Buat kriteria persyaratan bagi penerima yang dapat mengikuti giveaway ini. Putuskan juga bagaimana mekanisme penilaian untuk menerima pemenang giveaway , apakah memalui pengacakan/random penerima atau berdasarkan penilaian kompetisi.

Pemberian aturan main yang terang dalam giveaway akan menyampaikan sugesti kepada pembaca blog kita untuk mengikuti program ini. Selain itu , dengan aturan main yang terang juga dapat meminimalisasi adanya komplain dan rasa kecewa terhadap pengumuman hasil giveaway. Pemberian aturan main yang terang akan menyampaikan pengarahan kepada para penerima perihal mirip apa giveaway ini dilaksanakan dan apa yang selanjutnya harus mereka lakukan.

Adanya penyatuan cara pandang dan penafsiran akan meminimalkan risiko kesalahpahaman yang mampu berujung pada kegagalan terlaksananya giveaway dalam blog kita.

4. Putuskan durasi dan materi pelaksanaan.

Tentukan kapan waktu dimulai dan berakhirnya giveaway dalam blog kita. Sebenarnya tidak ada batasan resmi berapa lama giveaway dalam blog kita ini diselenggarakan. Tentukan batasan lamanya ini berdasarkan tujuan kita menyelenggarakan giveaway beserta kebutuhan kita dalam pelaksanaan giveaway mirip jumlah dan jenis penerima yang ditargetkan dan topik yang diangkat dalam giveaway tersebut.

Jangan hingga giveaway yang kita selenggarakan ini terkesan terlalu cepat dan terlalu lambat di mata peserta. Untuk itu , kita harus mempersiapkan rancangan pelaksanaan giveaway ini dengan baik sehingga waktu pelaksanaan giveaway akan terasa cukup bagi para penerima untuk mengikutinya.

5. Cantumkan identitas yang terang untuk setiap peserta.

Setiap penerima giveaway diwajibkan mencantumkan isu identitas yang terang mengenai dirinya. Hal ini mampu dikaitkan dengan topik yang dipilih dan juga berkaitan dengan konfirmasi kontak penerima dikala pengumuman pemenang giveaway.

Ada kalanya giveaway membutuhkan penerima dari golongan identitas tertentu. Misalnya , giveaway perihal kreatifitas dalam mengajar yang dilakukan oleh ibu guru sekolah dasar dalam memperingati hari guru nasional. Jika setiap penerima yang mengikuti diwajibkan berprofesi sebagi seorang guru dan seorang wanita maka kita membutuhkan konfirmasi bukti persyaratan tersebut dari isu data diri yang diberikan.

Pemberian isu data diri yang terang juga akan memudahkan kita dalam hal pengiriman hadiah dikala giveaway berakhir dan ada penerima yang dinyatakan sebagai pemenangnya.

PROMOSI

6. Promosikan giveaway di blog kita secara efektif.

Promosikan program giveaway ini semoga giveaway yang diselenggarakan dalam blog kita ini diikuti oleh banyak peserta. Promosi giveaway di blog dapat kita lakukan dalam beberapa cara mirip mempromosikan info giveaway di jejaring sosial blog kita , menambahkan persyaratan kepada penerima untuk ikut berpartisipasi berbagi isu kepada sahabat mereka , promosi giveaway di aneka macam media cetak , elektronik , dan online , dsb.

PENUTUPAN

7. Evaluasi pelaksanaan giveaway secara keseluruhan.

Setelah giveaway selesai diselenggarakan , lakukan evaluasi dengan mendefinisikan kelebihan dan kelemahan giveaway ini. Cari beberapa hal yang menjadi hambatan dalam giveaway dan cari juga bagaimana solusi untuk mengatasinya. Selain itu , pastikan juga faktor apa saja yang mampu mendukung keberhasilan giveaway dalam blog kita dikala ini. Adanya evaluasi yang baik terhadap penyelenggaraan giveaway secara keseluruhan akan memiliki banyak manfaat , salah satunya yaitu sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan giveaway pada kesempatan berikutnya.

8. Berikan pengumuman dengan jelas.

Ketika giveaway yang kita selenggarakan di blg berakhir , maka tibalah saatnya kita mengumumkan bagaimana hasil pelaksanaan giveaway ini beserta pemenangnya. Uraikan bagaimana giveaway ini berlangsung dan buatlah kesimpulan. Uraikan juga siapa pemenang giveaway serta kalkulasi penilaian pemenang sebagai prinsip akuntabilitas atau pertanggungjawaban kepada para penerima lain dan bagaimana mekanisme hadiah tersebut dikirim kepada pemenang.

9. Buat kesimpulan.

Buat sebuah kesimpulan perihal pelaksanaan giveaway ini secara keseluruhan , apakah penyelenggaraan giveaway dinilai berhasil atau tidak. Kesimpulan ini didasarkan pada ketercapaian hasil atau tujuan yang dibutuhkan , kendala atau duduk perkara yang dihadapi selama giveaway berlangsung , serta tanggapan para penerima mengenai giveaway ini. Berikan juga cita-cita pribadi dari kita sebagai pemilik blog sekaligus penyelenggara giveaway perihal program giveaway yang dilaksanakan dikala ini dan yang akan datang.

Giveaway pada dasarnya mudah untuk dilakukan bagi setiap blogger. Kita hanya membutuhkan sebuah blog , hadiah yang layak untuk diberikan , serta waktu dan perencanaan giveaway yang matang untuk mencapai keberhasilan. Semakin banyak penerima yang mengikuti giveaway yang kita adakan maka akan semakin bagus. Semakin cantik kualitas giveaway yang kita adakan maka akan semakin cantik juga promosi blog yang kita lakukan dan semakin cantik juga kuantitas dan kualitas jalinan pertemanan yang kita dapatkan.

Cara Menyelenggarakan Giveaway Di Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvarez

0 komentar:

Posting Komentar