RSS Feed Dan RSS Reader

villaralcaldeblog | RSS Feed Dan RSS Reader - RSS merupakan akronim dari Really Simple Syndication. RSS merupakan sebuah file berformat XML yang merupakan bentuk sederhana dari halaman sebuah blog atau web. Bentuk sederhana ini muncul karena RSS hanya menampilkan konten berupa goresan pena dari sebuah halaman blog atau web tanpa banner iklan , javascript , css , footer maupun header.

Logo RSS ialah sebagai berikut.


RSS Feed

RSS Feed merupakan sebuah layanan yang mengirimkan atau mendistribusikan konten dari sebuah blog atau web setiap kali blog atau web tersebut melaksanakan update kepada para pelanggannya yang sudah terdaftar. Setiap orang mampu menikmati kemudahan RSS Feed ini dari sebuah blog atau web kalau ingin mengikuti perkembangan isi kontennya. Akan tetapi , sebelum mampu menikmati fasilitasnya kita harus melaksanakan pendaftaran atau melaksanakan subscribe terhadap RSS Feed yang dimiliki oleh sebuah blog atau web.

Pada dasarnya sebuah blog memiliki RSS Feed secara default. Beberapa referensi bentuk feed yang sering kita temui antara lain sebagai berikut.

www.panduanbelajarblog.com/feeds/posts/default
www.panduanbelajarblog.com/feeds/

RSS Feed yang ditampilkan oleh sebuah blog atau web kepada para pelanggannya dapat berupa goresan pena dari konten yang telah update secara lengkap atau sebagiannya saja. Hal ini tentu saja tergantung dari tujuan pihak pemilik blog atau web dalam menawarkan kemudahan RSS Feed ini kepada para pembacanya.

RSS Feed yang diberikan oleh sebuah blog atau web kebanyakan diberikan secara gratis. Sehingga , dengan adanya kemudahan gratis ini diperlukan para pembaca tetap terkoneksi dengan mendapatkan info konten terupdate meskipun mereka tidak mengunjungi blog atau web secara langsung. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi pembaca yang sedang sibuk atau kesulitan dalam mengakses blog atau web kita karena beberapa sebab.

RSS Reader

RSS Reader merupakan sebuah aplikasi offline atau layanan online yang berfungsi untuk membaca RSS Feed yang dimiliki oleh sebuah blog atau web. RSS Reader dibagi menjadi dua , yaitu RSS Reader berbasis aplikasi yang digunakan untuk mendapatkan update blog atau web secara offline dan RSS Reader berbasis layanan feed yang memungkinkan seorang pelanggan dapat menikmati feed dari sebuah blog atau web yang diikutinya secara online.

Masing-masing jenis RSS Reader memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jika RSS Reader berbasis aplikasi kita dapat mendapatkan update blog atau web otomatis secara offline , tetapi kita harus menginstallnya terlebih dahulu di komputer milik kita. Akibatnya , kita tidak mampu menikmati kemudahan ini kalau kita sedang menggunakan komputer lain. Sedangkan RSS Reader berbasis layanan feed tidak mengharuskan kita untuk terlebih dahulu menginstall aplikasi pembaca feed sebuah blog atau web di komputer kita. Selain itu , kita juga dapat menikmati layanan feed ini dari komputer manapun yang kita gunakan. Akan tetapi , kelemahannya kita membutuhkan koneksi internet semoga mampu tersambung secara online untuk mampu menggunakan dan melihat update konten terbaru dari sebauh blog atau web yang kita ikuti.

Contoh RSS Reader berbasis aplikasi mirip berikut:

  1. RSSOwl | RSS / RDF / Atom Newsreader 1.2.2
  2. FastTrackNews
  3. Recover Data RSS Reader 2.0.5
  4. RSS Feed Reader 2.1
  5. YeahReader 2.4
  6. Active Web Reader 2.45
  7. Snarfer


Sedangkan referensi RSS Reader berbasis layanan feed online ialah sebagai berikut:

  1. Live Bookmarks
  2. Google Friends Connect
  3. Google Reader
  4. My Yahoo
  5. Newsgator
  6. My AOL
  7. Bloglines
  8. Netvibes
  9. Pageflakes


RSS Feed dan RSS Reader ini ialah satu kesatuan yang saling berhubungan. RSS Feed menyediakan data konten blog atau web yang telah diupdate dalam bentuk format XML. Kemudian , data feed konten blog atau web tersebut dibaca oleh RSS Reader semoga mampu dinikmati oleh pembaca yang mengikutinya secara online maupun offline.

RSS Feed Dan RSS Reader Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvarez

0 komentar:

Posting Komentar