7 Tips Optimalisasi Giveaway Dalam Blogging

villaralcaldeblog | Tips Optimalisasi GiveawayGiveaway dalam blogging yaitu sebuah ajang yang unik dan menarik untuk dilaksanakan. Giveaway unik sebab mampu dibilang sebagai kontes ala blogger yang lebih mengedepankan pada tujuan menjalin pertemanan dengan sesama blogger dan menarik sebab dalam giveaway ini dibagi-bagikan hadiah yang tentu bermanfaat serta menarik di mata blogger penerima giveaway.


Akan tetapi , faktanya yaitu giveaway ini masih jarang untuk dilakukan sebab kita selalu beranggapan belum siap melaksanakan giveaway balasan minimnya dana yang kita miliki untuk keperluan pengadaan hadiah. Padahal , giveaway itu sendiri tidak selalu berkutat dengan problem hadiah sebab inti giveaway yaitu bagaimana hadiah itu mampu mengakrabkan jalinan silaturahmi antarblogger , tidak peduli apakah hadiah itu mahal atau murah.

Faktor lain yang menghambat pelaksanaan giveaway bagi kita yaitu tidak adanya kepercayaan diri yang kita miliki dalam menyelenggarakan giveaway itu sendiri. Kita selalu terbayang kegagalan dan banyak pertanyaan ini dan itu yang pada kesudahannya justru memperlambat langkah kita untuk merealisasikan giveaway yang ingin kita selenggarakan.

Giveaway itu pada dasarnya mudah untuk dilakukan. Kita hanya butuh blog , dana yang cukup untuk membeli hadiah bahkan tidak perlu apabila memiliki sponsor , perencanaan , waktu , dan kreatifitas. Di bawah ini akan diberikan beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk optimalisasi giveaway dalam blogging yang kita lakukan supaya berhasil , efektif , efisien , dan sesuai dengan apa tujuan yang semula kita rencanakan.


1. Tujuan jelas.

Sebelum memulai pelaksanaan giveaway , kita harus melaksanakan perencanaan yang salah satunya membahas mengenai tujuan apa yang hendak kita capai terlebih dahulu. Jangan hingga kita menyelenggarakan giveaway ini tanpa tujuan sebab akan membuat kerja kita menjadi tidak fokus.

Tetapkan tujuan apakah giveaway ini hanya semata media mempererat jalinan silaturahmi , promosi blog , atau keduanya. Semakin besar tujuan yang kita inginkan maka semakin besar juga perjuangan yang perlu kita lakukan supaya tujuan tersebut dapat terealisasi dengan baik.

2. Tetapkan hadiah.

Usahakan berikan hadiah dengan nominal harga yang murah supaya hemat. Akan tetapi , jikalau tujuan giveaway yang kita selenggarakan yaitu untuk promosi maka kita dapat menggunakan hadiah dengan nominal harga yang tinggi untuk menarik minat banyak peserta. Kita juga dapat menghubungi sponsor dan bekerja sama dengan mereka untuk urusan pengadaan hadiah giveaway jikalau kondisi keuangan kita terbatas.

3. Atur durasi giveaway.

Tetapkan jangka waktu penyelenggaraan giveaway dengan baik. Giveaway yang dilakukan jangan hingga terlalu lama dan terlalu pendek jangka waktunya. Giveaway yang terlalu lama akan membuat penerima akan merasa agak jenuh dan berpotensi untuk melupakannya , sedangkan giveaway yang terlalu pendek akan berpotensi untuk membuat calon penerima kehabisan waktu untuk berpartisipasi sehingga jumlah penerima menjadi minim.

4. Berikan aturan main yang jelas.

Aturan main yang terang dalam giveaway sangat mutlak diperlukan. Hal ini untuk menghindari kemungkinan adanya protes dari penerima yang merasa keberatan dengan keputusan penyelenggara di final periode pelaksanaan giveaway. Semakin terang aturan main yang diberikan maka pelaksanaan giveaway akan lebih nyaman dan potensi jumlah penerima yang ikut akan semakin besar.

5. Buatlah giveaway yang simpel.

Simpel bukan berarti minim hadiah yang diberikan , tetapi lebih mengarah pada mekanisme pelaksanaan secara keseluruhan mirip aturan main , persyaratan penerima , jangka waktu pelaksanaan , kriteria penilaian pemenang , prosedur pengiriman hadiah , hingga tujuan giveaway yang ingin dicapai.

6. Konsisten menjalankan promosi.


Semakin banyak promosi giveaway yang dilakukan maka akan semakin baik hasil yang akan diperoleh. Akan tetapi , hal itu tidak akan cukup tanpa adanya konsistensi. Kita sebagai penyelenggara giveaway harus konsisten dalam menjalankan promosi baik dikala awal diadakan hingga berakhirnya giveaway yang kita selenggarakan.

Promosi giveaway yang konsisten ini berkhasiat untuk menjaga antusias penerima dan calon penerima dalam mengikuti giveaway yang kita selenggarakan. Jangan hingga antusias penerima menurun ketika final periode sebab kita sendiri pun kurang meramaikan ajang giveaway yang diadakan balasan minimnya promosi yang kita lakukan.

7. Keterkaitan antara moment , topik giveaway , tujuan , dan hadiah.

Moment , topik giveaway , tujuan , dan hadiah harus memiliki korelasi yang baik antara satu dengan yang lainnya. Jangan hingga kita menyelenggarakan sebuah giveaway yang kacau sebab tidak adanya unsur yang saling berafiliasi dalam satu topik. Karena itu , usahakan untuk melaksanakan perencanaan dengan baik supaya giveaway yang kita selanggarakan mampu direalisasikan dengan hasil yang baik pula.

Misalnya kita dapat menyelenggarakan giveaway pada moment hari ibu , topik giveaway yaitu seberapa jauh ungkapan rasa sayang kita kepada ibu , tujuan giveaway yaitu sebagai media saling bersilaturahmi , dan hadiah yang diberikan berupa alat-alat keperluan wanita mirip peralatan memasak , kosmetik , hingga voucher belanja dengan nominal harga tertentu.

Pada dasarnya giveaway sangat mudah untuk dilakukan. Jangan hingga niat kita terhenti sebab ketidaktersediaan dana dan takut dengan kegagalan. Fokuskan niat pada tujuan yang hendak dicapai dan kemudian imbangi dengan perjuangan yang terstruktur dengan baik.

7 Tips Optimalisasi Giveaway Dalam Blogging Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvarez

0 komentar:

Posting Komentar