Belajar Seo dan Blogging |
Bagi pelaku meningkatkan secara optimal SEO pasti sudah mengetahui bahwa link itu ada 3 jenis , yaitu ada internal link , ada external link atau outbound link; dan backlink atau inbound link. Sekarang saya mau menjelaskan sedikit pengaruh dari external link untuk meningkatkan secara optimal SEO anda; alasannya ialah percaya atau tidak external link ini berbagai mengacaukan ranking dari banyak permilik website.
Kita mulai dengan menekankan hal yang paling penting yaitu....
Jangan Memasang External Link di Header
Ada berbagai website yang memasang external link pada bagian headernya dan membuat website tersebut menjadi sangat sulit untuk ranking. Kenapa external link pada bagian header mampu membuat suatu website menjadi sangat sulit untuk ranking?Itu alasannya ialah posisi suatu link sangat menentukan besar poin yang dialirkannya. Semakin di atas suatu link maka akan semakin besar juga poin yang dialirkannya. Makara kalau anda meletakkan external link di bagian header , maka akan sangat besar poin yang meninggalkan website anda , terlebih lagi external link pada bagian header akan ditampilkan di semua halaman. Makara memang external link pada header ini mampu sangat memberatkan optimasi SEO.
Makara walaupun external link anda itu hanyalah link media umum anda sendiri , tetap saja itu ialah sebuah external link.
Walaupun saya mengatakan mirip ini anda tetap saja akan menemukan website yang mempunyai external link pada bagian headernya namun tetap mampu ranking 1. Kenapa mampu begitu? Tentu saja mampu , tadi saya mengatakan akan sangat sulit dan bukannya mustahil.
Walaupun anda memasang external link pada header; namun jikalau anda memang mempunyai backlink yang kuat dan relevan , maka tetap saja peluang ranking itu ada. Atau mampu juga kebocoran poin itu digantikan dengan konten yang oleh Google dianggap benar-benar relevan dan menyeluruh , maka itu juga mampu menjadi faktor pendorong untuk ranking.
Walaupun ada website yang ranking dengan link sosial media pada bagian header; saya tetap merekomendasikan anda untuk tidak memasangnya; sekedar untuk memudahkan meningkatkan secara optimal anda.
External Link Di Dalam Konten
External link yang ada di dalam konten mirip artikel itu menunjukkan nilai tersendiri kepada halaman yang dirujuk. Walaupun secara poin halaman tidak akan sebesar link pada header , namun poin relevansi dari external link yang ada pada header itu mampu menunjukkan dorongan yang sangat besar.Makara jikalau website dengan reputasi yang baik mau melaksanakan review untuk website anda dan menunjukkan link di dalam artikelnya; walaupun itu hanya 1 halaman saja; link tersebut tetap akan menjadi pendorong yang sangat kuat.
Tapi keuntungan itu ialah untuk halaman yang anda rujuk di dalam artikel. Sekarang masalahnya ialah "Apakah anda juga menerima keuntungan dari external link tersebut?"
Matt Cutts yang ialah mantan kepala divisi webspam Google mengatakan bahwa Google akan menunjukkan anda poin extra jikalau anda menunjukkan referensi di dalam artikel anda menuju halaman yang sangat relevan dengan topik yang anda bahas.
Makara external link tersebut tetap saja akan membocorkan poin menuju halaman yang relevan tadi; tapi Google akan menunjukkan anda bonus poin yang mampu membantu anda untuk ranking (selama link tadi benar-benar relevan dan berkualitas)....
Bagaimana mendefinisikan halaman yang dianggap benar-benar relevan dan berkualitas? Tentu jikalau pembahasannya lengkap dan mampu menolong pembaca anda untuk menerima berita yang anda maksudkan.
Tapi kalau anda tidak mau repot , maka anda mampu search di Google artikel yang sesuai denhan kebutuhan anda dan jadikan si ranking 1 sebagai external link anda. Jika Google menunjukkan posisi ranking 1 pada website tersebut , maka pastinya Google menilai itu relevan.
Walaupun external link yang berkualitas ini menunjukkan anda poin tambahan; tapi jangan terlalu banyak menggunakannya. Batasi 2 external link saja , alasannya ialah jikalau kebanyakan maka poin yang hilang akan terlalu besar , dan Google menganggap artikel anda hanya pepesan kosong alasannya ialah pembaca masih harus mencari di website-website yang lain.
Sifat dari external link hanyalah sebagai referensi untuk menunjukkan legitimasi untuk pernyataan anda di dalam artikel dan bukan untuk menunjukkan penjelasan yang lebih detil kepada pembaca.
Khusus website yang menyediakan unduh , jangan memasang link dofollow menuju halaman unduh anda , alasannya ialah biasanya halaman tersebut kontennya minim dan kurang relevan , sehingga dianggap tidak relevan oleh Google. Selalu ingat untuk menggunakan rel="nofollow" pada link unduh anda.
External Link Pada Sidebar atau Footer?
Sidebar ataupun footer ialah area lampu kuning untuk memasang external link. Walaupun area ini sudah di bawah konten , namun poinnya tetap saja besar secara akumulatif alasannya ialah link akan ditampilkan di semua halaman.Tapi anda mampu memasang external link selama link tersebut benar-benar relevan dengan website anda. Jika tidak relevan , maka lampu kuningnya akan menjadi lampu merah 😏
Makara jangan memasang external link walaupun itu ialah sekumpulan website anda sendiri. Cita-cita anda mempunyai banyak website yang sukses , akan berbuah gagal total; kalau masing-masing link anda tidak relevan.
Kenapa Harus Relevan?
Anda harus tahu bahwa ada yang namanya tema external link. Apa itu tema external link? Perhatikan ini. Jika halaman website anda sedang membahas duduk perkara shampo untuk mencegah ketombe; tetapi anda juga memasang link otomotif pada halaman tersebut , maka itu mampu mendorong search engine untuk menerka anda sedang membahas shampo mobil.Makara artikel anda tidak akan cukup kuat untuk ranking di artikel shampo anti ketombe dan juga tidak cukup relevan untuk ranking di artikel shampo mobil. Makara seringkali website yang sudah mati-matian meningkatkan secara optimal , tidak mampu ranking hanya alasannya ialah external linknya tdak relevan.
Coba Cek External Link Anda
Makara kenapa anda tidak mencoba untuk mengecek external link pada halaman yang anda optimasi. Anda mampu menggunakan SEOQUAKE untuk melaksanakan ini , dengan cara mengklik tautan DIAGNOSIS pada SEOBAR yang tersedia.Jika external link anda sudah ditampilkan , coba cek apakah ada external link yang tidak relevan yang mampu anda hapus ketika ini (jika tidak terlalu penting). Sedikit bocoran untuk anda; ada demam isu bahwa jikalau jumlah link pada halaman web yang dioptimasi tidak terlalu banyak , biasanya halaman tersebut lebih mudah untuk ranking ketika dilakukan meningkatkan secara optimal SEO.
0 komentar:
Posting Komentar