8 Tips Optimalisasi Blog Terhadap Google Panda

villaralcaldeblog | Apakah kita sering melaksanakan beberapa trik seo yang instan untuk menerima posisi blog yang indah di SERP (Search Engine Result Page)? Atau apakah kita sering melaksanakan trik blogging yang tidak sehat hanya untuk menerima tujuan tertentu yang semestinya tidak dilakukan oleh seorang blogger?


Jika kita sudah pernah dan terlanjur melakukannya , sebaiknya kita harus berpikir ulang dan memutuskan untuk berhenti sekarang juga dari kebiasaan buruk tersebut. Apa penyebabnya?

Pada bulan Februari lalu google telah resmi meluncurkan Google Panda , sebuah algoritma baru yang digunakan untuk pengindeksan halaman blog kita dan memunculkannya dalam SERP sesuai dengan keyword yang diharapkan.

Dampak dari kemunculan google panda ini sangat besar. Banyak blog yang mengalami perubahan posisi drastis di halaman hasil pencarian google sebab perubahan algoritma yang dilakukan. Baik blog yang sehat maupun blog yang dioptimalisasi dengan cara yang tidak sehat , semua sama saja terkena imbasnya.

Karena alasan itu , jangan biarkan blog yang sudah kita buat dan kita rawat semenjak dulu hancur seketika sebab kita tidak memahami aturan main Google Panda dan cenderung untuk terus menerapkan trik optimalisasi blog yang tidak sehat.

Tips optimalisasi blogging terhadap google panda di bawah ini dapat menjadi tumpuan bagi kita wacana bagaimana sikap yang harus kita terapkan dalam blogging biar menerima hasil yang maksimal tanpa harus melanggar dan terkena sanksi dari google panda.

Memperlakukan blog layaknya manusia.

Ubahlah fatwa kita terhadap blog yang kita miliki jikalau blog tersebut layak diperlakukan sebagai seorang manusia. Beberapa hal yang dapat kita lakukan mirip membuat blog yang simpel untuk diakses , menawarkan fitur dan navigasi yang terperinci kepada para pembaca dalam mengeksplorasi blog , dan tidak banyak memaksakan kinerja blog dengan optimalisasi yang tidak sehat.

Banyak sumber yang menyatakan jikalau robot google suka dengan blog yang dapat ditelusuri dengan mudah dalam rangka pengindeksan halaman. Hal ini dapat kita perjelas dengan menawarkan desain blog yang simpel dan tidak terlalu kompleks.

Hindari duplikasi konten.

Baik dalam algoritma google panda yang sekarang maupun yang sebelumnya , duplikasi konten ini sangat tidak diperkenankan. Duplikasi konten di sini bukan berarti konten postingan blog yang sama dengan konten yang telah diterbitkan di blog lain atau hasil copy paste , tetapi lebih mengarah pada adanya kesamaan isi atau tema dan topik artikel dalam satu blog kita yang sama.

Kita punya dua artikel atau lebih dan semuanya isi berisi wacana penjelasan materi yang hampir sama , itulah yang dinamakan duplikasi konten. Kita dapat melaksanakan pengecekan terhadap kemungkinan adanya duplikasi konten dengan membandingkan URL postingan blog kita di situs webconfs.

Hapus konten berkualitas rendah biar kita memiliki konten berkualitas tinggi.

Dalam beberapa penjelasan yang dikemukakan oleh para jago seo , sebaiknya kita menghapus konten yang berkualitas rendah untuk kemudian digabungkan materinya dengan konten yang berkualitas tinggi. Selain untuk menghindari adanya duplikasi konten , hal ini juga untuk mencegah melorotnya posisi blog kita di SERP balasan pengaruh konten yang berkualitas rendah.

Hindari pemasangan iklan yang berlebihan.

Siapa yang suka dengan tampilan iklan yang berlebihan dalam sebuah blog? Bagi pemilik blog , mungkin iya. Karena semakin banyak iklan yang ditampilkan maka semakin besar pula kesempatannya dalam memperoleh uang.

Tapi bagaimana dengan para pembaca kita?
Umumnya pembaca blog enggan untuk kembali berkunjung pada blog yang terlalu banyak dijejali iklan. Pembaca tidak bisa fokus membaca gosip dan terkesan ribet sebab banyaknya tampilan iklan tersebut.

Hal ini juga berakibat buruk terhadap google panda. Seperti halnya sifat insan pada umumnya , google panda juga tidak suka dengan tampilan iklan yang berlebihan. Robot google akan mengindeks iklan yang tampil di blog kita sebagai bagian blog dan diberikan backlink yang mengarah pada link iklan tersebut. Akibatnya , posisi blog kita di SERP menjadi turun.

Blog yang terlalu banyak iklan juga memiliki efek buruk di mana proses loadingnya akan memakan waktu yang lebih lama.

Kredibilitas sebuah blog.

Kredibilitas sebuah blog juga menjadi faktor penentu penilaian google panda terhadap blog kita. Kredibilitas ini dilihat dari apakah gosip yang disampaikan oleh blog tersebut terpercaya kebenarannya atau asal-asalan? Kita juga dapat mengeceknya dari latar belakang penulis , sumber materi yang digunakan , dan respon pembaca lainnya terhadap blog tersebut.

Sehingga , pada hasil alhasil nanti akan didapat sebuah kesimpulan apakah blog kita ini layak direkomendasikan oleh pembaca kepada teman-temannya atau tidak. Apakah blog kita ini kebenaran materinya valid atau tidak.

Penggunaan tata bahasa yang benar.

Penggunaan tata bahasa yang baik sangat dianjurkan oleh google panda. Akan tetapi , hal ini tidak serta merta blogging menggunakan bahasa gaul yang terkesan 4Lay itu dilarang. Ini bersifat hanya tawaran semata. Seperti yang dikemukakan oleh Matt Cutts , spesialis seo senior sekaligus sebagai anggota the Search Quality group di Google dalam tampilan videonya di bawah ini.


Ada pernyataan , “We noticed a while ago that , if you look at the PageRank of a page — how reputable we think a particular page or site is — the ability to spell correlates relatively well with that. So , the reputable sites tend to spell better and the sites that are lower PageRank , or very low PageRank , tend not to spell as well.”

Dari pernyataan tersebut terlihat jikalau situs dengan pagerank tinggi memiliki kebiasaan untuk menampilkan materi kontennya dengan tata bahasa ejaan yang baik , sementara situs berpagerank rendah sebaliknya.

Fokus pada satu topik pembahasan.

Jika memungkinkan , buatlah blog yang membahas pada satu topik materi saja. Dengan pembahasan yang spesifik akan menawarkan banyak keuntungan bagi blog kita. Blog kita menjadi tumpuan yang terpercaya sebab asumsi pembaca kita bahwa kita ialah jago di bidangnya.

Selain itu , dengan adanya pembahasan yang spesifik juga akan membuat setiap konten blog kita menjadi berkualitas sebab pembahasannya yang lebih detail dan lengkap. Seperti poin sebelumnya , google panda sangat menyukai blog yang memiliki konten yang berkualitas tinggi.

Buatlah konten yang unik dan original.

Konten yang unik ialah konten yang hanya bisa ditemukan dalam blog kita dan jarang ditemukan di dalam blog lainnya. Sedangkan konten original ialah konten yang kita buat sendiri secara eksklusif dan asli bukan bajakan dari blog lainnya.

Konten yang unik dan original ini sangat bermanfaat bagi blog kita. Di mata google sebagai search engine , konten yang unik dan original mengambarkan jikalau blog tersebut ialah blog potensial yang memiliki kualitas yang baik. Sedangkan di mata pembaca , blog dengan konten yang unik dan original bisa memikat hati pembacanya sehingga bisa menyebabkan mereka sebagai pengunjung setia blog kita.

Pada dasarnya google panda itu menguntungkan bagi kita , sebab menghadirkan aktifitas blogging yang sehat tanpa trik kotor yang mencederai dunia blogging itu sendiri. Sehingga , apabila kita menerima banyak keuntungan dan terhindar dari kerugian balasan munculnya google panda ini maka blogginglah denga cara yang baik. Segala sesuatu yang dikerjakan dengan cara yang baik , pasti akan menghasilkan sesuatu yang baik pula.

Hindarilah kecurangan untuk kepentingan kecil sesaat , tetapi berpikirlah untuk menggunakan kesempatan blogging dengan berkreasi dan membuatkan demi kepentingan yang lebih besar di masa depan. Bangun kredibilitas blog yang baik. Jika perjuangan baik sudah banyak kita lakukan , maka hasil yang baik pula akan selalu mengikuti kita di belakangnya.

8 Tips Optimalisasi Blog Terhadap Google Panda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvarez

0 komentar:

Posting Komentar