6 Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis

villaralcaldeblog | Meningkatkan Kemampuan Menulis – Menulis merupakan aktifitas utama dalam aktifitas blogging yang kita jalani secara keseluruhan. Dengan menulis , kita akan menghasilkan karya berupa goresan pena yang merupakan nyawa dari keberadaan keberadaan blog kita. Semakin banyak kita menulis dan menerbitkannya dalam sebuah blog maka kualitas blog kita tersebut akan bertambah baik.


Bagi sebagian orang menulis merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Kebanyakan dari kita menganggap jikalau menulis itu sulit alasannya ialah sukar dalam menemukan wangsit goresan pena , menyusun sistematika goresan pena yang baik , menawarkan gaya bahasa dalam goresan pena yang menyentuh dan menarik , serta keluhan-keluhan lain yang pada karenanya membuat kegiatan menulis itu menjadi berat untuk dijalani. Padahal menulis itu merupakan aktifitas yang menyenangkan jikalau kita sudah terbiasa untuk melakukannya.

Menulis tidak harus baku. Apa yang kita rasakan dan ingin kita ungkapkan maka itulah bahan yang harus kita tuliskan. Secara umum tidak ada standar baku dalam menilai apakah goresan pena itu mengagumkan atau tidak alasannya ialah goresan pena merupakan hasil karya seni yang penilaiannya bersifat relatif dan subjektif.

Bagi kita yang masih takut dan tidak terbiasa untuk menulis , mulai berlatih mencoba menulis merupakan langkah awal yang harus dilakukan jikalau ingin memiliki keahlian menulis yang baik. Jangan takut salah alasannya ialah justru dengan kesalahan itu kita dapat belajar dan mengatahui bagaimana semestinya cara menulis yang benar.

Beberapa tips menulis yang dapat kita terapkan untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam diri kita antara lain sebagai berikut :

1. Banyak membaca.

Menulis pada dasarnya ialah menuangkan wangsit dan gagasan yang kita miliki. Hasil goresan pena tersebut dapat bersifat argumentasi , persuasi , deskripsi , dan eksposisi. Karena goresan pena berawal dari sebuah wangsit dan gagasan yang ingin disampaikan , hal pertama yang harus kita pikirkan dalam menulis ialah wangsit atau gagasan apa yang kita miliki untuk kemudian kita tuangkan dalam sebuah tulisan.

Kita dapat mencari wangsit dan gagasan tersebut dari banyak sekali sumber. Seperti pengalaman pribadi , pengetahuan yang sudah dimiliki , opini , dsb. Cara terbaik untuk memperluas dan memperkaya wangsit dan gagasan tersebut ialah dengan cara membaca. Semakin banyak kita membaca maka pengetahuan kita akan semakin bertambah banyak. Selain memperkaya wangsit , banyak membaca juga secara tidak eksklusif akan mengajarkan pada kita bagaimana gaya bahasa dalam menulis yang baik dan benar mirip dicontohkan oleh penulis dan pengarang buku-buku bacaan yang telah kita baca.

2. Menulis secara teratur.

Menulis yang teratur dapat menjaga dan meningkatkan kualitas goresan pena yang kita hasilkan. Hal ini dikarenakan kebiasaan menulis yang dijaga dengan baik tidak akan melunturkan cara dan gaya bahasa kita dalam menulis. Kita juga dapat mengatur frekuensi menulis kita biar kegiatan menulis tidak membuat hidup kita menjadi jenuh. Misalnya , kita menulis minimal seminggu sekali atau sesuai dengan kegiatan kesibukan kita masing-masing.

3. Belajar cara menulis yang baik dan benar.

Dalam rangka membuatkan kemampuan menulis yang kita miliki , kita juga dapat belajar bagaimana cara menulis yang baik dan benar dari banyak sekali sumber rujukan yang terpercaya. Kita dapat mengambil kursus menulis atau belajar secara otodidak mengenai teknik menulis yang baik. Semakin banyak kita belajar menulis maka semakin banyak pula pengetahuan kita dalam membuat goresan pena yang baik. Selain itu , semakin banyak kita mendekati hal-hal yang berkaitan dengan dunia tulis menulis maka secara tidak eksklusif akan mensugesti mindset kita dalam meningkatkan kemampuan menulis.

4. Perhatikan mood.

Kondisi perasaan kita sangat berpengaruh terhadap kualitas goresan pena yang dihasilkan. Ketika perasaan kita resah tidak menentu maka hasil goresan pena kita pun akan terkesan awut-awutan dan asal-asalan. Tulisan merupakan cerminan dari kepribadian dan intelektual penulisnya. Makara , menulis dalam keadaan mood yang baik akan sangat berpengaruh dalam menghasilkan kualitas goresan pena yang bagus.

5. Kebiasaan melaksanakan evaluasi.

Melakukan evaluasi terhadap hasil goresan pena yang kita buat sangat penting untuk dilakukan. Hal ini bermanfaat saat kita mengalami kesalahan dalam menulis baik berupa pengejaan kata yang salah , penulisan angka dan abjad yang salah , hingga pembuatan goresan pena dengan gaya bahasa yang salah. Jangan terburu-buru untuk menerbitkan goresan pena kita sebelum kita evaluasi dan merasa yakin jikalau goresan pena yang selesai kita buat tersebut bebas kesalahan dan layak untuk dibaca banyak orang.

6. Minta pendapat.

Salah satu cara terbaik dan cepat dalam meningkatkan kualitas menulis kita ialah dengan meminta pendapat kepada seseorang yang sudah mahir menulis mengenai goresan pena yang sudah kita buat. Cara meminta pendapat ini sangat efisien dalam meningkatkan kualitas menulis kita alasannya ialah kita akan cepat mengatahui di mana letak kesalahan kita dalam menulis dan bagaimana koreksi kebenarannya.

Pada dasarnya menulis itu mudah dilakukan. Kita hanya perlu sebuah wangsit dan menuangkannya dalam rangkaian kalimat yang mudah untuk dibaca dan dipahami isinya. Jika kita belum terbiasa menulis , jangan ragu untuk memulainya. Kesalahan akan menandakan kita jalan kebenarannya. Dengan latihan yang rutin kita pasti bisa menciptakan karya goresan pena yang mengagumkan dan menarik untuk dibaca.

6 Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvarez

0 komentar:

Posting Komentar