6 Kelebihan Blogspot

villaralcaldeblog | Kelebihan Blogspot – Blogger atau blogspot merupakan salah satu situs pembuat blog yang banyak diminati oleh masyarakat. Karena banyaknya peminat ini menimbulkan blogspot sebagai platform blog yang paling banyak digunakan oleh blogger dalam menjalankan aktifitas bloggingnya secara gratis.


Blogspot merupakan perintis situs yang menyediakan layanan blogging secara gratis. Blogspot dikembangkan dan didirikan oleh Pira Lab pada 1999. Pada tahun 2002 , Google mengakuisisi Pira Lab menjadi miliknya sehingga blogspot pun menjelma platform blog yang lebih besar. Banyak fitur baru ditambahkan yang bertujuan untuk memudahkan para penggunanya dalam menikmati dan menunjang rutinitas blogging sehari-hari.

Fakta menerangkan bila hasil kalkulasi untuk penggunan blogspot mencapai lebih dari 80% di Indonesia. Tingginya minat para blogger untuk menggunakan blogspot sebagai platform blog dalam aktifitas blogging mereka didorong oleh banyaknya tutorial blogging yang mengajarkan bagaimana cara membuat sebuah blog melalui media blogspot secara gratis dan praktis. Selain itu , kenyataan bila blogspot cenderung mudah digunakan untuk kalangan pemula juga menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Adapun beberapa kelebihan blogspot yang menyebabkan banyak kalangan blogger menggunakannya sebagai platform blog dalam menjalankan aktifitas blogging antara lain sebagai berikut:

1. Mudah digunakan.

Jika dilihat dari tampilan dan menu-menu yang disediakan , blogspot memiliki user interface yang lebih sederhana sehingga para pemula pun dapat mengakses dan mengoperasikan fitur yang disediakan dengan mudah. Kemudahan lain juga dapat kita peroleh ketika kita ingin melaksanakan perombakan blog yang kita miliki , mirip optimalisasi kinerja SEO , mengganti template , menambahkan pernak-pernik blog , dsb.

2. Kelebihan di bidang domain dan webhosting.

Blogspot memiliki kelebihan di bidang domain dan webhosting. Blog yang berbasis blogspot memiliki hosting secara gratis , sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya bulanan untuk keperluan biaya sewa hosting bulanan mirip yang dilakukan pada webhosting berbayar pada umumnya. Meskipun bersifat gratis , tetapi kinerja bandwith dan ruang simpan di blogspot sangat bagus. Blogspot memiliki bandwith yang tidak terbatas beserta ruang simpan untuk menyimpan file data postingan blog yang sangat besar.

Selain itu , blogspot juga menunjukkan subdomain secara gratis kepada para penggunanya. Subdomain yang diberikan yaitu blogspot.com , sehingga bila ada blogger yang membuat blog maka blognya tersebut akan memiliki URL yang berakhiran blogspot.com mirip panduan-belajar-blog.blogspot.com. Blogspot juga menunjukkan jalan masuk kemudahan ketika pengguna ingin mengubah subdomain yang dimiliki blognya menjadi Top Level Domain yang berbayar mirip .com , .net , .biz , .info , dsb.

3. Banyak penggunanya.

Blogspot digunakan oleh sebagian besar blogger yang menjalankan aktifitas bloggingnya secara gratis. Di Indonesia , pengguna blogspot mencapai lebih dari 80% dari total blogger secara keseluruhan pada tahun 2011. Adanya banyak blogger yang menggunakan blogspot ini tentu semakin memudahkan sesama pengguna blogspot dalam mengembangkan tips dan trik dalam mengoptimalkan aktifitas blogging kita menggunakan blogspot.

4. Banyak tutorial.

Sekarang ini banyak blog maupun situs yang menunjukkan tips dan trik menjalani aktifitas blogging menggunakan blogspot. Tips dan trik tersebut mengajarkan kepada kita bagaimana cara menjalankan blogging yang baik dan benar dari segi teknis dan nonteknis. Sehingga , dengan banyaknya tutorial blogging yang bermanfaat mirip ini akan membuat aktivitas blogging kita menjadi lebih mudah dan terasa semakin menyenangkan.

5. layanan pendukung.

Sekarang ini blogspot sudah dimiliki oleh Google. Sehingga , bila kita sudah menggunakan blogspot dan memiliki Akun Google maka aktivitas blogging kita menggunakan blogspot dapat diintregasikan dengan fitur layanan dari Google yang lain untuk lebih mengoptimalkan kinerja blog yang kita miliki.

Misalnya , kita dapat menyimpan file atau berkas kita dalam blogging di Google Code , menganalisis statistik blog kita secara cepat dan akurat di Google Analytics , melaksanakan aktifitas surat menyurat melalui gmail , memonetisasi blog yang kita miliki sebagai sumber penghasilan lewat Google Adsense , promosi blog dan menjalin pertemanan melalui Google Plus , menunjukkan layanan langganan artikel melalui feedburner , dsb.

6. Inovatif.

Blogspot selalu mengadakan inovasi perubahan yang baik dari waktu ke waktu untuk meningkatkan kualitas layanan blogging yang diberikan. Contohnya saja yaitu blogspot ketika ini sudah menyediakan fitur anti spam otomatis. Sehingga , setiap ada komentar di blog kita yang dicurigai alasannya yaitu mengandung unsur spam akan disaring secara otomatis melalui fitur anti spam ini.

Secara keseluruhan , menjalani aktifitas blogging menggunakan blogspot memiliki banyak kelebihan di beberapa bidang. Sehingga , dengan adanya kelebihan-kelebihan di beberapa bidang ini akan membuat kualitas blogging seorang blogger dapat menjelma lebih baik dan kita semua dapat menikmati aktifitas blogging secara gratis dengan tetap menerima kemudahan serta fitur layanan yang maksimal.

6 Kelebihan Blogspot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvarez

0 komentar:

Posting Komentar