Cara Melaporkan Blog Pelaku Copas Ke Google

villaralcaldeblog | Melaporkan Blog Copas Ke Google – Kegiatan blogging identik dengan acara menulis dan mempublikasikan hasil goresan pena lewat media blog yang kita punya semoga dapat dibaca oleh banyak orang. Dengan fakta mirip itu , blogging juga dapat diartikan sebagai aktifitas sharing atau berbagi. Ada banyak manfaat dengan melaksanakan aktifitas blogging dan membuatkan mirip ini , salah satunya yaitu menambah ilmu dan pertemanan. Meskipun demikian , ada juga blogger nakal yang sengaja menggunakan konten yang telah kita bagi untuk kepentingan buruk serta dengan mengambil dengan cara yang buruk mirip copas atau copy paste tanpa izin dan diterbitkan ulang di blog mereka.

Tindakan copy paste sangat merugikan bagi pihak yang menjiplak dan pihak yang dijiplak. Pihak penjiplak akan kehilangan kreatifitasnya dalam membuat konten berkualitas sementara pihak yang dijiplak akan dirugikan alasannya yaitu hasil karyanya tidak dihargai.

Tindakan copy paste sembarangan tanpa izin terang merugikan bagi kita. Konten blog yang dibuat sedemikian rupa harus terduplikasi tanpa izin. Hal ini tentu akan membuat kita merasa disepelekan alasannya yaitu konten kita yang sudah dibuat susah payah dicuri begitu saja. Selain itu , ancaman terbesarnya yaitu status banned dari Google pada blog kita alasannya yaitu adanya duplikasi konten yang beredar di search engine.

Google DMCA

Salah satu upaya yang dapat kita lakukan untuk mencegah banyaknya pencurian konten melalui copy paste guna diterbitkan ulang oleh blogger lain yang dilakukan tanpa izin yaitu dengan melaporkan blog yang menerbitkan ulang konten hasil copy paste dari blog kita tersebut kepada Google. Meskipun demikian , kita harus benar-benar yakin jikalau konten blog kita telah di copy paste dan diterbitkan ulang oleh blog orang lain. Jangan hingga kita menawarkan laporan palsu yang alhasil merugikan diri sendiri. Hal ini dimungkinkan alasannya yaitu blog yang dilaporkan atas dugaan copy paste konten akan memiliki hak jawab apakah dia memang benar melakukannya. Jika tidak terbukti , bukan tidak mungkin kita sebagai pelaporlah yang akan mendapatkan sanksi dari Google.

Adapun cara untuk melaporkan blog yang telah melaksanakan agresi copy paste tanpa izin kepada Google yaitu sebagai berikut.

1. Masuk ke Google DMCA. Ubah pengaturan bahasa ke Bahasa Indonesia jikalau kita kurang memahami arti Bahasa Inggris.
2. Produk Google yang terkait pelaporan: Blogger/Blogspot.
3. Alasan pelaporan: Saya menemukan konten yang mungkin melanggar hak cipta saya.
4. Kepemilikan hak cipta dan kuasa: Ya , saya yaitu pemilik hak cipta atau diizinkan untuk bertindak atas nama pemilik hak pribadi yang diduga dilanggar.
5. Pesetujuan pernyataan pelaporan: Ya.
6. Jenis konten yang dilanggar: Teks atau pilih konten apa yang telah di copy paste sehingga ingin dilaporkan.
7. Klik gunakan formulir ini untuk mengirimkan undangan anda.
8. Isi isu kontak dengan benar.

Google DMCA_info pelapor

9. Isi URL postingan asli milik kita dan berikan deskripsinya serta masukan URL postingan blog yang melaksanakan copy paste.

Google DMCA_hak cipta pelapor

10. Contreng pernyataan untuk konfirmasi kebenaran.
11. Masukan tanggal dan tanda tangan digital.

Google DMCA_pernyataan dan tanda tangan

12. Klik kirim.

Google akan mengirimkan email konfirmasi kepada blog yang melaksanakan copy paste konten blog kita. Google akan menyuruhnya untuk melaksanakan perbaikan berupa edit semoga konten tersebut tidak 100% mirip dengan konten blog kita. Jika terlapor tidak melaksanakan perubahan maka postingan tersebut akan dihapus oleh Google.

Cara Melaporkan Blog Pelaku Copas Ke Google Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvarez

0 komentar:

Posting Komentar