3 Faktor SEO Utama Yang Wajib Anda Tahu

Belajar Seo dan Blogging |

Faktor SEO yakni sesuatu yang sudah lama menjadi "penelitian" para pelaku meningkatkan secara optimal website. Mesin pencari mirip Google tidak pernah mengumumkan secara terang-terangan semua faktor SEO yang mereka gunakan.

Praktisi SEO yang berusaha meraba-raba faktor SEO apa saja yang berpengaruh besar dan berusaha menyimpulkan mana faktor SEO yang paling utama dan wajib menerima fokus terbesar di dalam optimasi.

MOZ , backlinko , dan masih banyak lagi praktisi SEO internasional sudah melaksanakan riset untuk ini. Makara anda mampu belajar dari website-website mereka.

Di blog trikmudahseo ini saya cuma mau membagikan 3 bagian besar dari faktor SEO yang wajib anda ketahui. Saya akan menyusunnya menurut urutan yang wajib anda perhatikan untuk memudahkan meningkatkan secara optimal anda.

Anda mampu membolak-balik urutan ini , tapi saya sangat yakin anda akan menerima kesulitan besar di dalam meningkatkan secara optimal jikalau anda melakukannya.

Ok , jadi 3 bagian utama dari faktor meningkatkan secara optimal SEO yang harus anda perhatikan adalah:
  • ONPAGE
  • USER EXPERIENCE
  • BACKLINK

Kenapa urutannya mirip ini? Saya akan jelaskan satu per satu.

Faktor SEO Onpage

Faktor SEO Onpage saya letakkan di urutan pertama , alasannya yakni suatu alasan yang sederhana. Onpage yakni hal yang paling pertama bersentuhan dengan mesin pencari. Onpage yakni faktor SEO yang menentukan apakah halaman website anda akan diindex di kata kunci yang anda harapkan.

Faktor SEO onpage yang menentukan apakah halaman website anda  dianggap relevan untuk kata kunci yang anda inginkan. Jika halaman website anda dianggap tidak relevan untuk kata kunci yang anda targetkan , maka meningkatkan secara optimal anda yang selanjutnya akan sangat sulit.

Beberapa faktor SEO Onpage yang wajib anda perhatikan adalah:  
  • Title tag dan meta description
  • Konten yang lengkap
  • Sitewide link.

Title dan meta description sudah terperinci harus mengandung kata kunci. Ini tidak perlu dibahas lebih jauh lagi. Yang sering bermasalah yakni konten yang lengkap dan sitewide link.

Konten yang lengkap artinya anda harus berusaha menunjukkan halaman yang menunjukkan penjelasan yang lengkap untuk suatu masalah. Semakin lengkap halaman web anda maka semakin besar poin relevansi yang anda peroleh.

Banyak orang malas sekali menulis tapi selalu bermimpi websitenya ranking 1 di kata kunci yang ditargetkan. Anda harus mencatat bahwa anda bukan satu-satunya yang menargetkan suatu kata kunci. Kalau anda malas , maka ranking anda juga akan malas bergerak.

Hal lain yang harus anda perhatikan yakni di tiap niche selalu saja ada kata kunci yang menjadi sumber trafik utama. Artikel-artikel dari kata-kata kunci utama ini harus menjadi prioritas utama anda dan menerima sitewide link di website anda. Sitewide link yakni link yang muncul di semua halaman di website anda.... 

Artikel-artikel utama yakni halaman-halaman yang pantas menerima prioritas sitewide link ini , selain halaman-halaman kategori tentunya. Makara usahakan di sidebar anda selalu ada widget LABELS dan widget TOP POSTS.

Faktor SEO USER EXPERIENCE

Ok , sekarang anggap saja konten anda sudah mantap onpage-nya. Apakah itu sudah cukup? Ternyata belum. Onpage yang maksimum hanya akan membantu Google mengenali konten anda dan menganggapnya cukup baik untuk dihidangkan.

Makara sekarang Google akan sesekali menghidangkan konten anda ke penggunanya. Anggaplah kata kunci tersebut mempunyai 1000 pencarian per hari. Dari 1000 pencarian ini Google terkadang akan memunculkan halaman-halaman baru di peringkat teratas untuk melihat reaksi pengunjung terhadap halaman-halaman baru ini.

Reaksi pengunjung ini disebut sebagai user experience.... Di sini Google akan melihat apakah pengunjung bertahan melewati batas waktu tertentu , atau ... pengunjung mengunjungi halaman lain di website anda ,... atau malah kabur dari website anda sebelum batas waktu yang diharapkan oleh Google tercapai.

Yang bermain di user experience ini bukan hanya kelengkapan konten anda , tapi juga desain dari halaman web dan gaya bahasa goresan pena anda. Ini mampu dilihat dari beberapa hal berikut ini:
  • Apakah desain web anda mempunyai navigasi yang mudah untuk pengunjung?
  • Apakah goresan pena anda enak dibaca?
  • Apakah pengunjung terpancing berkomentar?
  • Apakah pengunjung membaca artikel anda yang lain?

Selain itu ada beberapa hal lainnya yang akan membuat pengunjung merasa tidak betah di website anda:
  • Teks anda terlalu kecil atau terlalu besar
  • Tulisan anda terlalu panjang di tiap paragrafnya
  • Kontrasnya menyakitkan mata
  • Tidak scanable

Apa itu scanable? Anda harus tahu walaupun artikel anda lengkap? Biasanya pembaca merasa hanya ingin membaca hal yang dibutuhkannya saja. Makara anda harus mampu membantu pembaca anda semoga mereka dengan cepat menemukan apa yang dibutuhkannya.

Anda mampu melaksanakan ini dengan menunjukkan daftar pembahasan yang dibahas di artikel tersebut , atau menunjukkan poin-poin dan cetak tebal pada hal-hal yang penting.

Faktor SEO Backlink

Backlink sudah jatuh dari posisinya yang sangat mayoritas di dalam optimasi. Berbeda dengan 10 hingga 5 tahun yang lalu di mana backlink yakni faktor SEO yang begitu menentukan peringkat. Sekarang backlink menjadi salah satu faktor aksesori saja di dalam optimasi.

Tapi bukan berarti backlink sudah tidak penting lagi....

Kalau anda cukup memperhatikan hasil-hasil pencarian di SERP , anda akan menemukan bahwa aneka macam website yang backlinknya sangat minim ketika ini mampu menjadi ranking 1. Kalau anda memperhatikan biasanya halaman mirip ini bukan hanya mempunyai konten yang panjang , tetapi juga umur yang sudah lama (di atas satu tahun) , dan mempunyai banyak komentar dari pengunjungnya.

Makara ketika ini masih terlalu sulit untuk memenangkan persaingan hanya dengan mengandalkan artikel yang lengkap saja. Kenapa? Karena aneka macam orang yang mampu membuat artikel yang mempunyai pembahasan yang lengkap.

Biasanya artikel yang lengkap ini harus "sudah menandakan diri" dalam kurun waktu yang panjang dan menerima banyak respon dari pengunjungnya. Jika artikel ini mampu melewati waktu yang panjang ini dan menerima banyak respon , maka mampu dikatakan artikel ini akan sanggup ranking tanpa backlink sedikitpun.

Tapi kalau anda mau menyaingi artikel yang mempunyai reputasi mirip ini? Anda tidak akan mampu menang hanya mengandalkan artikel baru yang panjang. Usia artikel dan komentar yang panjang yang tidak mampu anda dapatkan dalam waktu singkat ini hanya akan mampu anda imbangi dengan menambahkan backlink....

Hanya saja untuk kata kunci yang persaingannya berat; anda tidak akan mampu menyingkirkan begitu saja peringkat 5 besar hanya dengan menambahkan backlink.

Kalau anda menargetkan kata kunci yang sulit , maka anda harus bersabar untuk menerima ranking yang anda harapkan. Google akan benar-benar menilai user experience di halaman website anda untuk beberapa waktu (bisa 2 hingga 4 bulan) sebelum mengizinkan anda naik ke peringkat 5 besar.

Proses ini mampu saja tidak terlalu lama kalau anda hanya menargetkan kata kunci yang persaingannya ringan....

Makara memang backlink tidak sepenting dulu , tapi berharap anda mampu ranking di persaingan keras tanpa backlink itu juga masih terlalu bermimpi. Jelas sekali backlink masih mempunyai peranannya , alasannya yakni saya masih memerlukan backlink untuk mengoptimasi kata-kata kunci bahasa inggris.

Seandainya backlink sudah tidak penting lagi , tentunya backlink tidak akan membuat perubahan peringkat yang nyata....dan benar-benar tidak diharapkan lagi.

3 HAL DI ATAS INILAH YANG HARUS MENJADI FOKUS ANDA SAAT MEMBUAT WEBSITE DI PERSAINGAN BERAT... MENGABAIKAN SALAH SATUNYA BISA MEMBUAT OPTIMASI ANDA MENJADI SIA-SIA.

3 Faktor SEO Utama Yang Wajib Anda Tahu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvarez

0 komentar:

Posting Komentar